Salah satu kelebihan program pengolah angka Ms Excel adalah kemudahannya
dalam melakukan penghitungan yang menggunakan angka-angka. Bahkan
penghitungan yang sangat rumitpun bisa dilakukan dengan mudah dan
akurat. Sebagai salah satu penghitungan dasar, penjumlahan merupakan
penghitungan angka yang paling sering digunakan oleh user terutama user
pemula.
Setelah data yang berupa angka-angka dimasukkan kedalam sebuah table,
maka tidaklah perlu lagi menggunakan penjumlahan secara manual seperti
calculator atau diterawang. Pada Ms Excel telah tersedia fasilitas
penjumlahan
secara otomatis, yaitu Auto Sum. Hanya dengan satu klik saja
angka-angka dengan jumlah yang banyakpun bisa langsung diketahui
hasilnya.
Cara menggunakan fungsi auto sum ini silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini.
- Masukkan angka-angka atau data kedalam table atau sel-sel di lembar kerja ms excel. Seperti contoh gambar berikut ini.
[You must be registered and logged in to see this link.]
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Blok sel yang berisi angka-angka sampai pada sel dimana hasil penjumlahan akan ditampilkan, misalnya sampai pada baris JUMLAH.
[You must be registered and logged in to see this link.]
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Setelah itu klik icon Auto Sum pada ribbon Home, group menu editing
[You must be registered and logged in to see this image.]
- Maka hasil penjumlahan secara otomatis akan ditampilkan dengan akurat.
[You must be registered and logged in to see this link.]
[You must be registered and logged in to see this image.]
Penjumlahan otomatis ini dapat dilakukan secara vertical atau kolom dan bisa juga dilakukan secara horizontal atau baris.